Tuesday 5 April 2016

Kemana Menjual Plywood

                

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sekarang bisnis konstruksi dan industri sedang bergairah dan berkembang pesat. Tumbuhnya sektor tersebut tentu membuka peluang yang sangat besar untuk lingkungan usaha, khususnya usaha di Bidang Logistik Building Material.
                Usaha bidang logistic material meliputi : Suplies Plywood, Suplies Besi, Suplies Beton/ Semen, Suplies Alat2 Bantu Konstruksi, Suplies Kayu, Peralatan Listrik/ ME.
                Yang akan kita kembangkan adalah Suplies Plywood. Kenapa kita memilih Plywood ? Berdasar pengalaman kami plywood merupakan komiditi yang utama yg dipergunakan di konstruksi, dan merupakan gerbang locomotif untuk menjual produk2 penyerta. Atau dengan kata la

Ruang Lingkup Pemasaran
                Ruang lingkup pemasaran Plywood dibagi 3 kategori customer :

  • 1.       Agen/ Reseller
  • 2.       Konstruksi
  • 3.       Industri
Ad. 1. Agen/ Reseller
                Penjualan ke agen/ toko lebih kepada penjualan partai besar(krat), dng system barang sampai  bayar, tempo skala pendek 1-2in dengan menjual plywood maka mudah pula kita menjual produk2 yang lain.
minggu. Adapun keuntungan dan kerugian menjual ke  agen, adalah:
Keuntungan       :
-          Tidak ada retur barang
-          Payment cepat
-          Jumlah besar
-          Pengiriman sekaligus

Kerugian              :  
-          Margin kecil
-          Persaingan harga lebih ketat terutama dengan pabrik &supplies besar sebelumnya.
-          Modal yg terserap dalam waktu cepat lebih besar
Penjualan di pasar ini memerlukan komitment ,kejujuran, dan keuletan yg tinggi, mengingat dominasi dari perusahaan sejenis sangat besar dan sudah lama.  Daya serap di sentra pengadaan triplek di Jakarta(Klender) per bulan ± 10 – 20 Milyar/bulan.



Ad. 2. Konstruksi
                Penjualan ke proyek2 konstruksi lebih menekankan ke aspek harga yg kompetitif, mutu yg bagus, serta delivery yg ontime. Persaingan di sektor ini lebih didominasi pemain lama seperti : Supra Jaya 2001, Hasdi Mustika Utama, Central Bangunan, Maju Makmur (Kondang Murah), Sinar Obor. Persaingan disini sangat ketat sehingga peran dari Marketing/ Sales sangatlah penting.
Keuntungan       :
-          Margin besar
-          Daya serap tinggi dan kontinyu
-          Pengiraman relatif cepat (meski kadang bertahap,tergantung kesiapan lahan di proyek)
-          Jarang di retur
-          Sering diikuti oleh pesanan barang2 lainnya
Kerugian              :
-          Faktor risiko penjualan lebih besar
-          Persiapan modal lebih besar
-          Tempo pembayaran lebih lama (14 hari, 30 hari, 120 hari)
-          Adanya titipan2 atau uang markup yg harus di maintenance dengan bagus,(rawan konflik jika tidak dikelola dengan baik

Penjualan di sektor ini membutuhkan focus yang luar biasa, karena sangatlah kompleks permasalahan, ke hati-hatian dan management yg bagus dan solid amat sangat berpengaruh. Daya serap di sentra pengadaan triplek di Jabotabek per bulan ± 50 – 100 Milyar/bulan.

Ad. 3. Industri
                Penjualan ke sektor ini memerlukan pemahaman yg detail mengenai produk yg akan ditawarkan, karena sektor industry membutuhkan supplies yg konsisten pada mutu(stabil), stock aman minimal +1, harga yg aman(by kontrak), di beberapa customer malah memerlukan sertifikasi serta produk telah lulus uji coba di pabrik mereka. Penjualan di sektor ini relatif aman, kontinyu, terjadwal dengan rapi. Serta perusahaan di sektor ini rata2 mempunyai management dan sytem yg bagus. Hanya proses untuk terpilih sebagai supllies di perusahaan ini, membutuhkan kerja exstra  marketing/sales diawal. Di sektor ini kita harus mengetahui rule produksi dan mengenal personil2 terkait.
Keuntungan       :
-          Relatif aman dibanding proyek
-          Payment terdjadwal dengan baik
-          Pengaturan stok barang digudang lebih enak
-          Transaksi aman (rata2 menggunakan PPN)
-          Jika sudah cocok customer sangat tergantung pada supplies
-          Harga jual relatif lebih tinggi
Kerugian              :
-          Mutu benar2 dijaga
-          Stok barang di pabrik sering kosong dan berebut dng supplies lain
-          Adanya stok aman, lebih menyerap modal
-          Barang bisa di retur
-          Rawan klaim jika supplies kurang komitment
Daya serap di sektor ini sangat banyak, di Klender (pusat penjualan plywood) 80% masuk ke sektor industri. Sektor industryini meliputi : Pabrik furniture(wood working), Pabrik Palet, Pabrik Alat Music, Pabrik pintu engineering, dan masih banyak lagi. Diperkirakan daya serapnya ± 25 Milyar/ bulan jika digarap secara intensif.

No comments:

Post a Comment